Rabu, 22 Februari 2012

"Jaringan Komputer dan Keamanan Data"

Definisi tentang jaringan komputer

Jaringan Komputer :
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, dan menggunakan bersama perangkat keras.

Server adalah komputer yang berfungsi sebagai “pelayan” pengiriman data dan/atau penerima data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung.

Manfaat Jaringan Komputer : 
  1.  Jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri.
  2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date.
  3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
  4. Jaringan juga membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.
  5.  Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
Tipe Jaringan ada 3 yaitu :
¢  Local Area Network (LAN).
LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan  workstation dalam suatu perusahaan yang menggunakan peralatan secara bersama-sama dan saling bertukar informasi. Dalam LAN umumnya kecepatan pengiriman data sangat tinggi, misalnya 10 Mbps, 100 Mbps bahkan ada yang sampai dengan 1000 Mbps.
¢  Metropolitan Area Network (MAN)
MAN merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknology yang sama dengan LAN.
¢  Wide Area Network (WAN)

Topologi Fisik: Topologi fisik meliputi : BUS, STAR dan RING.


Gamar Topologi BUS, STAR dan RING.


·         Topologi BUS adalah topologi umum dalam LAN. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul ke saluran tunggal komputer yang mengakses ujung dengan ujung.
·         topologi STAR sebuah terminal pusat bertindak sebagai pengatur dan pengendali semua komunikasi data yang terjadi.
·         Topologi RING hampir sama dengan topologi BUS, hanya saja ujung dari topologi ini dihubungkan dengan ujung yang lain hingga menyerupai lingkaran

Protokol
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh si pengirim (transmitter) dan si penerima (reciever) agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar